BELAJAR TENTANG PERSAHABATAN MELALUI NOVEL 5CM

 BELAJAR TENTANG PERSAHABATAN MELALUI NOVEL 5CM

Peresensi: Muhammad Fahril Ilham


Identitas buku:

Judul Novel : 5 cm

Kategori : Romance, Pengorbanan, Persahabatan

Pengarang Novel : Dhonny Dhirgantoro

Penerbit Novel : PT Grasindo

Kota Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : Mei 2005

Tebal Buku : 381 halaman

Cetakan Ke : 20 pada tahun 2011

Nomor Edisi : ISBN 979-759-151-4


Pembuka:

Donny Dhirgantoro pria kelahiran Jakarta, 27 Oktober 1978, memiliki ciri khas tersendiri dalam penamaan judul di setiap buku yang ia tulis, yaitu hanya menuliskan judul dengan menggunakan angka. 5 CM dan 2 merupakan buku yang telah di tulis oleh Donny Dhirgantoro yang merupakan anak sulung dari empat bersaudara. Menjadi gemar menulis dan membaca sudah ada semenjak ia mulai dapat menulis dan membaca. Konon hal ini akibat Ayahnya yang meletakkan banyak buku di sekitar ari-ari putra sulungnya itu. Donny Dhirgantoro senang berpetualang ke alam terbuka, dan hal itulah yang melatarbelakangi terciptanya novel 5 CM.


Sinopsis:

Novel 5 cm karya Dhonny Dhirgantoro mengisahkan tentang persahabatan 5 orang pemuda pemudi dengan berbagai kepribadian yang dimiliki, yakni Genta, Zafran, Arial, Riani, dan Ian. Mereka telah bersahabat selama 7 tahun lamanya yang diwarnai dengan petualangan, obsesi dan mimpi-mimpi serta rasa cinta.

Hingga pada suatu ketika, mereka berada pada titik kejenuhan dalam persahabatan sehingga memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya selama 3 bulan. Dalam masa “berpisah” mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun.

Selama waktu 3 bulan, banyak terjadi perubahan dalam diri mereka masing-masing. Hingga mereka memutuskan untuk melepas rasa kangen dengan melakukan reuni. Mereka merayakan pertemuan dengan mendaki gunung Mahameru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Mulai dari sinilah, perjalanan seru mereka dimulai.


Keunggulan Novel:

Keunggulan yang dapat diperoleh dari novel ini adalah mengajarkan arti persahabatan yang harus terpisah demi meraih kesuksesannya, mengajarkan arti kebersamaan dalam menempuh perjalanan dan rintangan yang dirasa semakin mudah. 

Selain itu, pembaca dapat turut merasakan perjalanan para tokoh menuju puncak Mahameru dan penasaran apa yang dilakukan setelah tiba disana. Kejadian semacam ini juga mengajak pembaca untuk menjaga keindahan alam Indonesia. 


Kekurangan Novel:

Memang, akhir cerita yang dibentuk dalam novel 5 cm happy ending. Namun ada yang menggantung dan terasa dipaksakan. Hal ini bisa terlihat dari pembentukan keluarga yang antar sahabat dilengkapi dengan keturunan yang benar-benar mewarisi sifat orang tuanya. 


Penutup

Sangat direkomendasikan sekali untuk membaca novel satu ini karena cocok untuk segala usia. Dan novel ini menggambarkan karakteristik dan sifat tokoh yang berbeda – beda sehingga kita sulit untuk menebak kelanjutannya. Dan novel ini dapat membolak balikkan suasana hati dari senang ke sedih atau sebaliknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUMI DAN LUKANYA

RESENSI BUKU NOVEL ALMOND

AKU TAHU RAHASIA TERBESARMU