KEHILANGAN

 KEHILANGAN

Peresensi: Naila Nur Fakhira Dagong


Identitas buku

Judul buku: Laut Bercerita

Penulis buku: Leila S. Chudori

Penerbit: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) 

Tahun Terbit: 2017

Jumlah Halaman: 379


Pendahuluan

Leila S. Chudori memulai karir menulis sejak usianya masih 11 tahun. Saat itu masih duduk di kelas 5 SD. Ia memiliki nama asli Leila Salikha Chudori. Karya terbarunya adalah novel laut bercerita yang terbit pada tahun 2017. Namun hingga saat ini tercatat sekitar 48 kali telah dicetak ulang. Saat masih SD karya pertama Leila S. Chudori merupakan cerpen yang berjudul "Pesan Sebatang Pohon Pisang" pernah di majalah karyanya yang dimuat di berbagai majalah, koran, dan lain-lain. Selain menulis cerpen yang banyak dimuat di koran ataupun majalah jurnal sastra Ia juga menulis novel dan resensi serta skenario. 


Sinopsis

Laut bercerita menceritakan terkait perilaku kekejaman yang dirasakan oleh kelompok aktivis mahasiswa muda Orde Baru. Tidak hanya itu, novel ini pun menceritakan kembali akan hilangnya 13 aktivis bahkan sampai saat ini belum juga ada yang mendapatkan petunjuknya. Dikisahkan tentang seorang mahasiswa bernama Biru Laut yang diculik oleh sekelompok orang tidak dikenal. Bersama dengan tiga temannya yang lain ia dibawa ke sebuah tempat tidak dikenal dan disekap selama berbulan-bulan. Selama di sekap keempat sekawan itu diinterogasi, dipukuli, ditentang, digantung dan disetrum agar teman-temannya membuka suarael. Keluarga Wibisono Tengah menjalani aktivitas di hari Minggu seperti biasanya. Sang ayah menyusun piring di atas meja untuk dirinya, sang ibu, si bungsu dan juga Biru Laut. Namun meski lama menunggu biru laut tidak kunjung muncul. Dua tahun setelah hilangnya biru laut yang sangat misteri sang adik, Asmara Jati dan tim komisi orang hilang mencoba mencari jejak mereka yang hilang. Asmara Jati ditemani kekasih laut Anjani dan juga orang tuanya serta istri aktivis yang hilang. Sementara itu, dari dasar laut yang sangat sunyi Biru Laut bercerita tentang apa yang terjadi pada dirinya dan kawan-kawannya. 


Keunggulan

Bahasa yang digunakan mudah dipahami sebab tak adanya istilah atau ungkapan asing walaupun laut bercerita ini menggunakan sedikit teka-teki. 


Kelemahan

Alur cerita yang digunakan alur campuran titik apa lagi pembaca yang belum terbiasa dengan hal tersebut akan merasa kesulitan dan bingung. 


Penutup

Novel Laut Bercerita ini direkomendasikan kepada seseorang yang menyukai genre sejarah. Selamat membaca! 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUMI DAN LUKANYA

RESENSI BUKU NOVEL ALMOND

AKU TAHU RAHASIA TERBESARMU