PEPERANGAN DI JERMAN

 PEPERANGAN DI JERMAN

Peresensi: Irsyadul ibad



Judul buku: SALT TO THE SEA

Penulis: Ruta Sepetys

Jumlah: 391 halaman

Penerbit: Elex Media

Tahun terbit: 2018


Latar belakang dari World War II terjadi di Jerman. Mempertemukan Joana si perawat yang suka membantu para korban terluka. Pujangga sepatu–pak tua yang bekerja sebagai tukang sepatu dan dia bisa mengetahui karakter seseorang dari sepatu yang dia kenakan. Klaus–bocah kecil yang kehilangan orang tuanya ditemukan di hutan akhirnya dia dekat dengan Pujangga sepatu. Eva adalah wanita berbadan tinggi dan besar. Dia berbicara ceplas-ceplos meskipun menutupi setiap kalimatnya dengan kata ‘maaf’. Inggrid adalah wanita yang tak dapat melihat, tapi mampu menganalisa cuaca dan perasaan hati lebih baik daripada orang yang melihat. Emilia–seorang wanita Polandia berumur 16 tahun yang sedang hamil 8 bulan. Florian–seorang pemuda Prusia dia membawa kabur harta terbesar Hitler. Dia marah karena dicurangi oleh Dr.Lange. 


Selanjutnya ada Alfred si pelaut yang hobby memuji diri sendiri. Dia sering berkirim surat dengan sang kekasih. Meski pada akhirnya surat yang selama ini sering dia kirimkan ternyata hanyalah bualan semata. 


Joana, Eva, Pujangga sepatu, Klaus, Inggrid, mereka berlima berkelompok untuk mencari jalan menuju dermaga. Mencoba bertahan hidup selama peperangan berlangsung dan para tentara di mana-mana. Sedangkan Emilia dan Florian, mereka baru saja bertemu di hutan. Emilia terus membuntuti Florian karena sudah menjadi penyelamatnya. Mereka berdua bergabung dengan kumpulan Joana. 


Mereka mencari keamanan sebelum Jerman menyampaikan pertolongan bagi penduduknya. Melalui dikirimkannya kapal-kapal untuk para penduduk dan tentara yang terluka. Salah satu kapal yang dinaiki oleh Joana dan kawan-kawannya adalah MV.Wilhelm Gustloff. Ketika berada di tengah Laut Baltik bulan Januari 1945 kapal itu ditembaki oleh kapal selam Uni Soviet dan menewaskan sebagian besar penumpangnya. Begitu pula yang terjadi pada kapal-kapal yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUMI DAN LUKANYA

RESENSI BUKU NOVEL ALMOND

AKU TAHU RAHASIA TERBESARMU