PERJUANGAN SEORANG PEMUDA

 PERJUANGAN SEORANG PEMUDA

Peresensi: Muhammad Hadiq Maulana

Identitas buku

Judul Buku              : Api Tauhid

Nama Penulis         : Habiburrahman el Shirazy

Penerbit                   : republik penerbit

Tahun Penerbitan  : 2014

Cetakan Ke              : Pertama

Jumlah halaman    : 587 halaman

Genre novel.            : roman dan sejarah 


Pendahuluan

Api Tauhid adalah novel karya Habiburrahman El-Shirazy, dia lahir pada tahun 1976 di Semaran. Dia adalah salah novelis terkenal di Indonesia. Selain novelis dia juga seorang penyanyi,da'i, bahkan sutradara.Novel tersebut menceritakan seorang pemuda dari Lumajang menelusuri jejak ulama besar Turki, Badiuzzaman Said Nursi.


Sinopsis

Novel "Api Tauhid" adalah karya terbaru dari penulis Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pada tahun 2021 oleh penerbit Republika. Novel ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Ramadhan Sani yang terpesona oleh keindahan Masjid Agung Jawa Timur di Surabaya dan memutuskan untuk menjadi orang yang berkontribusi dalam membangun kembali Islam Nusantara.


Ramadhan mengalami perjalanan spiritual yang panjang untuk mencapai tingkat persaudaraan yang tinggi dan memulai terobosannya dalam memperjuangkan keislaman di Indonesia. Di tengah perjuangannya, Ramadhan harus menghadapi banyak konflik dan rintangan yang memaksa dia untuk memilih antara iman dan keunggulan aspek material.


Novel ini mengajarkan nilai-nilai kehidupan seperti kejujuran, kesabaran, dan kepercayaan diri yang kuat. Dalam membangun kesadaran akan kesatuan Islam dan Nuansa Indonesia, Ramadhan juga menghadapi tantangan-tantangan yang membentuk jalan kisahnya.


Secara keseluruhan, "Api Tauhid" adalah sebuah novel yang menyentuh dan penuh inspirasi. Habiburrahman El Shirazy mengajarkan pentingnya menghormati nilai-nilai murni dalam agama dan bangsa kita dan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip kebajikan melalui kisah Ramadhan Sani.


Kelebihan

Kelebihan dari novel ini adalah penulis berusaha menceritakan kronologi sejarah dari kehidupan Badiuzzaman Said Nursi dengan sangat sistematis. Agar mudah diingat dan dipahami oleh para pembaca, penulis menghadirkan dialog-dialog antara tokoh yang terlibat dalam novel berupa tanggapan dan kesan. Pembaca menjadi seperti terlibat dalam diskusi maupun wisata ruhani yang ada dalam cerita 


Kekurangan

Kekurangan dari novel ini hanya terdapat pada bagian editor tulisan. Beberapa kata dalam bab ditemukan typo, jadi dapat menjadi perhatian yang cukup serius bagi Novel yang bergelar Best Seller ini


Penutup

Novel setebal 573 halaman ini tidak akan terasa di saat kita membacanya, secara tidak langsung, Habiburrahman (pengarang) telah menyihir setiap pembaca hingga betah dalam lantunan tinta emasnya. Novel ini cocok dibaca oleh kalangan remaja,karena novel ini selain memberikan hiburan juga menyisipkan pesan dakwah islami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUMI DAN LUKANYA

RESENSI BUKU NOVEL ALMOND

AKU TAHU RAHASIA TERBESARMU