ROMANSA DI SMA

 ROMANSA DI SMA

Peresensi: Rahma Aulia Miladina


Identitas Buku

Judul: Senior

Penulis: Eko Ivano Winata

Penerbit: Pastel Book - PT.Mizan Pustaka

Tahun terbit: 2018

Tebal halaman : 320 halaman

Genre Buku: Fiksi, Roman, Roman sejarah


Pendahuluan

Eko Ivano Winata lahir di Bekasi pada 28 Juni 1996, Eko Ivano Winata merupakan penulis muda dengan talenta yang cukup luar biasa, sudah banyak novel hasil karyanya dan terjual dengan reting yang cukup bagus, beberapa hasil karyanya diantaranya adalah Gustira, Athlas, Insetabel dan Senior.

Eko Ivabo Winata sendiri mempopulerkan buku-bukunya dengan cirikhas tersendiri, salah satunya adalah penyematan istilah “kata Kokoh”, istilah Kata Kokoh sendiri merupakan salah satu akun Wattpad milik Eko Ivano Winata, dan salah satu hasil karya Eko Ivano Winata yang terlebih dahulu tenar di Watt-pad adalah novel yang berjudul “Senior”.


Sipnosis

SMA Sevit adalah sebuah SMA di kota Bandung, masuk ke SMA SEVIT menjadi impian dari banyak siswa di Bandung, dalam benak banyak orang sekolah di SMA SEVIT sangatlah menyenangkan, namun tidak demikian dengan Aluna. Aluna yang bernama lengkap Aluna Amanda Nindiatama, adalah siswi yang cantik, ramah, namun berisik. Dalam diri ALuna sekolah di SEVIT merupakan suatu penderiataan tersendiri, bagaimana tidak di hari pertama masuk sekolah pada Masa Orientasi senior yang merupakan kakak-kakak kelas di SMA SEVIT sudah menunjukan taringnya.


Di hari pertama masuk, Aluna sudah mendapatkan hukuman dari Senior karena Aluna bertabrakan dengan ketua OSIS saat aluna tergesa-gesa karena terlambat, Boro-boro Aluna tabrakan dengan cowok ganteng yang ujung-ujungnya jadian, dia malah tabrakan dengan Ketua MOS galak dan mau tidak mau Aluna pun harus menerima hukuman 6 kali keliling lapangan, dan disinilah awal mula munculnya kebencian Aluna terhadap Senior SEVIT, terlebih lagi kepada Ketua MOS nya yang bernama Nakula Jamie Manuel Megantara, Nakula sendiri merupakan seorang siswa senior di SMA SEVIT dan kebetulan nakula menjadi Ketua OSIS. Nakula merupakan seorang siswa yang cerdas namun pendiam, dengan wajah yang lumayan serta kecerdasannya sehingga banyak disukai oleh siswi-siswi sekolah tersebut.


Atas kejadian tersebut membuat Aluna sangat membenci Nakula. Namun siapa sangka rupanya Ibu Nakula dan Ibu Aluna memiliki hubungan bisnis. Hal tersebut membuat kedua ibu itu harus pergi ke Seville meninggalkan anak mereka di satu rumah selama dua minggu.


Hari pertama tinggal bersama membuat mereka semakin dekat layaknya mempunyai hubungan khusus. Hingga saat perkemahan tiba, sikap Nakula tiba-tiba berubah bahkan Aluna dihukum mencari kayu bakar karena tidak sengaja menyebut nama Nakula tanpa embel-embel “kak”. Namun Aluna tak kunjung datang sehingga membuat para panitia MOS panik dan mencari Aluna. Nakula yang mendengar kabar kalau Aluna hilang, dia segera mencari sendiri dimana Aluna. Didalam kegelapan hutan, Nakula berhasil menemukan Aluna tengah terduduk dengan luka di sekujur kakinya. Karena merasa bersalah, Nakula mengucapkan kata “maaf” kepada Aluna. Nakula tidak pernah mengucapkan maaf kepada siapapun, jadi siapa yang mendengar atau melihatnya pasti merasa terkejut. Dan Nakula sadar kalau ia jatuh ke dalam pesona adik kelasnya yang polos namun memiliki sifat ceroboh dan berani.


Dan Seiring berjalannya waktu Aluna semakin hari mengenal sosok Nakula, bahkan aluna satu-satunya orang yang mengetahui sisi gelap dari Nakula, yang membuat aluna berfikir apakah dia harus membantu Nakula atau memaklumi atas kekurangan dari Nakula tersebut. Semakin lama hubungan antara Aluna dan Nakula semakin akrab, komunikasi selalu terjalin dan banyak kisah indah yang mereka laluai bersama. Aluna sangat berperan penting dalam perubahan sosok Nakula. 


Akhir cerita ini adalah Nakula dan Aluna meresmikan hubungan mereka sebelum mereka pergi menyusul sang ibu ke Seville. Kesimpulan dari novel ini adalah "Jangan gengsi untuk menyatakan perasaan, dan jangan takut untuk mengatakan kebenaran apabila yang diceritakan itu berbanding terbalik dengan kebenaran yang terjadi". - Senior


Kelebihan

Novel ini dikemas dengan bahasa yang ringan dan keninian, cocok dengan bahasa keseharian anak-anak remaja jaman sekarang. Novel ini juga sangat menarik untuk dibaca dan bahkan sulit untuk menghentikan membaca novel ini di tengah-tengah cerita, setiap alurnya nyaris bersatu dengan halus sehingga perpindahan cerita tidak terlalu terasa berjauhan yang mengakibatkan novel ini menjadi nyaman dibaca karena seperti tidak ada jeda. Novel ini juga telah dibaca 17 juta kali di wattpad.


Kekurangan

Kekurangan dari novel ini adalah di akhir ceritanya yang terasa masih menggantung, di akhir cerita hanya diceritakan antara Aluna dan Nakula akhirnya berpacaran , namun terasa masih sedikit janggal dan kurang mengena di hati, karena pada akhir cerita Nakula mengingat surat yang merupakan surat cinta yang menjadi tugas peserta MOS kepada senior OSIS.


Penutup

Novel ini layak dibaca oleh semua kalangan terlebih lagi para remaja yang tertarik akan kisah cinta di sekolah, terlebih lagi jumlah pembaca novel ini telah sangat banyak, novel yang mengangkat tema remaja ini cukup menghibur dan dapat menjadikan warna baru bagi para penikmat novel di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUMI DAN LUKANYA

RESENSI BUKU NOVEL ALMOND

AKU TAHU RAHASIA TERBESARMU